DESA TARO

Desa Taro merupakan salah satu desa unik yang berada di Bali. Desa ini terletak di Kabupaten Tegalalang, Gianyar. Keadaan Geografisnya sangat subur dan udaranya sangat sejuk.

Desa Taro berjarak sekitar 45 kilometer dari Kuta. Di desa ini terdapat sebuah hutan desa yang dihuni oleh sekelompok lembu putih. Binatang ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Biasanya binatang ini menjadi pelengkap sarana upacara di Bali. Sebagai pelengkap, lembu putih tersebut dibawa ke tempat upacara dan oleh penyelenggara upacara dituntun mengelilingi areal/tempat upacara mulai dari arah timur ke selatan dan seterusnya berkeliling sebanyak tiga kali. Upacara ini disebut dengan mapepada atau purwa daksina. Setelah Upacara tersebut selesai lembu putih dikembalikan lagi ke hutan Desa Taro, setelah disuguhi berbagai sesajian. Ritual bekeliling ini pun tidak dilakukan secara asal. Seperti misalnya, hewan ini harus diajak berkeliling sebanyak tiga kali dari arah timur ke selatan, dan berakhir di timur.

Desa Taro

Selain itu, di desa ini juga terdapat atraksi wisata baru yaitu trekking gajah. Di sini wisatawan dapat menunggangi gajah berkeliling hutan melewati jalan setapak di sekitar Desa Taro. Bila mau, wisatawan dapat mengarahkan gajah yang kamu tunggangi tersebut berenang di dalam kolam. Saat trakking dengan menunggangi gajah, traveler akan diajak mengelilingi desa dan hutan taro. Untuk bisa menaiki gajah, biaya yang dibutuhkan adalah 45 dollar AS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: